HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR WARING SAYUR & WARING IKAN
Menyediakan: waring sayur, karung waring, karung jaring, waring merah, waring kuning, waring ikan, waring pagar, waring hitam, waring keramba, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Wajib Anda Tau! Ini 5 Cara Jitu Atasi Hama Boleng Tanaman Ubi Jalar

Dalam budidaya tanaman, menanam ubi jalar bisa dikatakan menjadi salah satu jenis budidaya yang paling hemat biaya sebab tak banyak memerlukan perawatan intensif seperti pada budidaya tanaman lainnya. Dalam penanamannya tak memerlukan ajir atau lanjaran dan juga tak wajib memakai plastik mulsa. Ubi jalar juga tak memerlukan proses pengairan yang intensif, karena itulah kenapa budidaya ubi sangat minim resiko rugi.

Tapi, walau begitu budidaya ubi jalar bukan berarti tak ada hambatan sama sekali. Timbulnya hama menjadi salah satu faktor penggangu yang bisa menurunkan kualitas dan kuantitas hasil panen ubi jalar. Faktor penghambat tersebut perlu ditangani dengan benar, petani wajib melakukan pengendalian sebelum serangan hama semakin parah. Salah satu hama yang merupakan momok bagi petani yakni hama boleng, karena hama ini bisa menyebabkan kerugian yang cukup besar. Sebab, apabila larva boleng masuk ke umbi akan mengakibatkan umbi tersebut tak bisa dijual karena umbi tersebut membusuk dan akan terasa pahit.

Baca Juga:

Ciri- ciri hama boleng mempunyai moncong yang runcing ke depan dan suka bersembunyi dari sinar matahari, hama ini akan mengganggu tanaman dengan memakan daging umbi. Jika ada umbi yang sudah terserang akan terlihat lubang-lubang kecil di permukaan kulitnya. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara mengatasi hama boleng pada ubi jalar, berikut ini beberapa langkah untuk mengatasi serangan boleng.

1. Menanam Varietas Ubi Jalar Yang Tahan Boleng

Apabila jenis ubi yang Anda tanam kulitnya merah dan dagingnya putih maka Anda akan menemui serangan hama boleng. Hal ini terjadi karena karakteristik tanaman ubi ini membentuk umbi keatas atau menyembul ke permukaan tanah, sehingga akan mudah untuk ditemukan oleh hama boleng.

Dengan begitu, disarankan bagi Anda untuk menanam varietas ubi jalar yang tahan terhadap hama boleng seperti ubi cilembu, ubi ungu dll. Sebab varietas ini terkenal membentuk umbi dikedalaman tanah jadi tak terjangkau oleh hama boleng.

2. Menggunakan Insektisida Sistemik

Fungsi insektisida sistemik ini bersifat racun yang menyebar keseluruh jaringan tanaman, maka setiap seragga yang memakan bagian dari tanaman akan mengalami keracunan. Jenis racun sistemik yang bisa Anda gunakan yaitu imadikloprid, dimetoat atau asefat. Mengaplikasikan insektisida sistemik ini lebih efisien dalam mengatasi hama boleng yang notabenenya berada didekat akar.

3. Menggunakan Beauveria Bassiana

Sampai saat ini tak banyak petani yang mengetahui akan manfaat jamur beauveria bassiana. Jamur beauveria bassiana ini termasuk salah satu jenis insektisida hayati yang fungsinya menjadi parasit bagi hama serangga termasuk hama boleng ini. Pengaplikasian jamur beauveria bassiana bisa pada semua tanaman termasuk ubi dan sangat aman bagi manusia, tanaman dan hewan lainnya kecuali jenis serangga patogen.

Sekarang sudah banyak toko pertanian yang menjual jamur beauveria bassiana dan bisa Anda aplikasikan untuk mengatasi hama boleng pada tanaman ubi jalar anda. Wajib Anda ingat, untuk penggunaan jamur ini sebaiknya dikerjakan di sore hari supaya jamur tak mati oleh terik siang matahari.

4. Menanam Ubi Jalar di Dataran Tinggi

Pembudidayaan ubi jalar di dataran tinggi akan memiliki kualitas hasil panen yang sangat baik. Meski proses masa panennya lebih lama, tapi di daerah dataran tinggi yang suhu udaranya dingin setiap hari ini tak ada hama boleng. 

Dan sampai sekarang hama boleng hanya ditemukan di dataran rendah saja. Akan tetapi, demikian opsi ini hanya bisa dikerjakan bagi anda yang mempunyai lahan di daerah dataran tinggi. Sedangkan para petani di dataran rendah bisa mengambil cara lain untuk mengatasi hama boleng.

5. Menanam Ubi Jalar dengan Plastik Mulsa

Mungkin selama ini budidaya ubi jalar banyak dikerjakan di tanah terbuka tanpa lapisan mulsa plastik, maka kali ini disarankan agar Anda menanam ubi jalar dengan mulsa plastik sebagai pelindung bedengan. Pemanfaatan mulsa plastik ini mampu melindungi bedengan dari penguapan berlebihan serta mencegah tumbuhnya rumput liar pada bedengan.

Tumbuhnya rumput liar ini bisa menyedot nutrisi pupuk dalam tanah dan menjadi kompetisi nutrisi yang mana akan merugikan tanaman ubi jalar yang justru akan mengecilkan ukuran umbi ubi jalar nantinya. Nah, demikian beberapa langkah yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi hama boleng pada tanaman ubi jalar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wajib Anda Tau! Ini 5 Cara Jitu Atasi Hama Boleng Tanaman Ubi Jalar"

Posting Komentar

LANGGANAN