HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR WARING SAYUR & WARING IKAN
Menyediakan: waring sayur, karung waring, karung jaring, waring merah, waring kuning, waring ikan, waring pagar, waring hitam, waring keramba, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Jenis Pakan Untuk Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Produksi Ikan Cupang

Cara Tepat Merawat Ikan Cupang

Salah satu komponen keberhasilan peternakan atau budidaya ikan adalah pakan. Hal tersebut juga berlaku pada budidaya ikan hias seperti cupang yang saat ini semakin populer di masyarakat. Ikan cupang dengan nama lain Betta sp merupakan ikan air tawar yang habitat aslinya berada di beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura dan Vietnam. Ikan ini memiliki bentuk dan karakter yang unik serta cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar.

Di Indonesia sendiri terdapat cupang asli, salah satunya adalah Betta Chanoides yang banyak ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur. Ikan cupang merupakan salah satu ikan terkuat yang mampu bertahan hidup dalam waktu yang lama, sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan pada wadah dengan volume air yang kecil dan tanpa alat sirkulasi udara (aerator) maka ikan ini tetap dapat bertahan hidup. Kali ini kita akan membahas pakan yang baik dan benar untuk ikan cupang. Ikan cupang baik yang masih berupa larva, benih maupun indukan baiknya diberi nutrisi terbaik yakni dari pakan alami.

1. Untuk cupang yang berupa larva gunakan pakan alami berupa Artemia, dan Infusoria, untuk benih berupa Moina dan Daphnia, sedangkan untuk induk dan calon induk berupa kutu air, cacing sutera dan cacing darah.

Ikan cupang yang sudah berumur 7 hari dapat memberikan pakan alami berupa kutu air (Daphnia sp) dengan takaran 6 gelas air mineral berisi 240 ml di dalam kolam berukuran 7 × 3 m² dengan padat tebar 3.000 ikan cupang.

Apa Itu Daphnia sp

Daphnia sp merupakan salah satu jenis kutu air yang dapat digunakan sebagai pakan ikan cupang. Kutu air ini merupakan mikroorganisme berukuran 0,2-0,5 mm dan memiliki warna kemerahan yang hidup berkelompok dan mengapung di air.

2. Artemia Salina

Artemia Salina merupakan salah satu bentuk udang kecil zooplankton. Pakan ini sangat baik untuk ikan cupang yang berumur kurang dari satu bulan. Pasalnya, pakan ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Artemia cukup dengan satu sendok teh bubuk. Kemudian masukkan ke dalam wadah berukuran 10 cm yang sudah berisi air bersih. Kemudian, beri aerasi selama kurang lebih 24 jam hingga muncul gumpalan putih. Gumpalan ini akan digunakan untuk memberi makan ikan cupang

3. Blood Warm

blood warm, yaitu bloodworm yang telah dibekukan dan biasanya dikemas dalam plastik. Di dalam kemasannya terlihat seperti lempengan dan berwarna coklat dengan ukuran 10x15cm. Pakan ini sangat baik untuk dikonsumsi ikan cupang berumur 3 bulan. Pakan ini juga dapat mempercepat proses pertumbuhan ikan cupang. Namun pakan ini sebaiknya disimpan dalam kantong plastik yang dibungkus rapat dan disimpan di lemari es agar tidak cepat busuk.

4. Cacing Sutra

Cacing sutera merupakan pakan alami yang biasanya diberikan pada ikan cupang yang berumur 21 hari. Untuk mendapatkan ulat sutera ini anda bisa menemukannya di tepian sungai kecil yang dangkal dan keruh. Ukuran cacing sutera yang cocok untuk ikan cupang biasanya berwarna merah dengan ukuran tubuh sekitar 0,5-1 cm. Semakin baik kualitas ulat sutera ini maka pertumbuhan ikan cupang semakin baik.

5. Pelet dan Cara Meningkatkan Warna Ikan Cupang

Sebelumnya telah dilakukan penelitian tentang protokol pemberian pakan ikan cupang dan formulasi pakan buatan yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan dan agonisme (kemampuan menyerang lawan). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pengelolaan pakan pada ikan cupang telah menghasilkan kinerja pertumbuhan dan perilaku agonistik yang baik pada ikan.

Penggunaan pellet pada ikan cupang biasanya dimulai pada saat ikan berumur 2 bulan (60 hari). Penggunaan pellet tidak merubah kinerja pertumbuhan dan perilaku agonistik ikan cupang bahkan bisa lebih baik. Untuk memperbaiki warna ikan cupang anda biasanya bisa menggunakan bahan feed supplement yang bisa didapat dari tepung udang atau daging udang yang dicincang halus.

Nah, berakhir sudah pembahasan materi untuk artikel kali ini. Jangan lupa share agar semua mendapat informasi yang bermanfaat ini ya. See you later!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Pakan Untuk Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Produksi Ikan Cupang"

Posting Komentar

LANGGANAN