HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR WARING SAYUR & WARING IKAN
Menyediakan: waring sayur, karung waring, karung jaring, waring merah, waring kuning, waring ikan, waring pagar, waring hitam, waring keramba, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Ini Dia Tips & Trik Budidaya Ikan Di Parit, Sangat Menguntungkan


Budidaya ikan dengan memakai sistem air deras merupakan budidaya ikan dalam parit. Sistem budidaya ini memanfaatkan saluran air atau parit sebagai kolam budidaya, pemanfaatan saluran air sebagai usaha budidaya ikan tanpa mengurangi atau mengubah fungsi tersebut. Sistem ini sudah berkembang pesat karena biayanya yang relatif murah.

Budidaya ikan dalam parit dapat memberikan beberapa keuntungan bagi pembudidaya, diantaranya yaitu :
  • Biaya pelaksanaannya yang relatif rendah dan produksi cukup tinggi
  • Keuntungan yang diperoleh akan meningkatkan kemampuan pembudidaya dalam memenuhi kebutuhan gizi.
  • Sekat yang dipakai sebagai pembatas ruang gerak ikan secara tak langsung akan menahan sampah yang ada di parit atau saluran air sehingga gampang untuk dibersihkan.
  • Sisa makanan dan kotoran hasil dari metabolisme akan segera terbuang serta terurai menjadi unsur yang bisa berfungsi untuk pertumbuhan tanaman.
  • Karena sistem kolam dari parit atau saluran air mempunyai prinsip yang sama dengan sistem kolam air deras maka ikan dapat dipelihara dengan tingkat kepadatan tinggi.
Saluran air atau parit yang baik untuk dipakai sebagai tempat budidaya ikan yaitu parit yang mempunyai debit air sekitar 100 sampai 125 liter setiap detik dengan kedalaman air tak kurang dari 40cm dan tak lebih dari 1m. Tetapi apabila seandainya tak tersedia parit atau saluran air yang memenuhi syarat seperti yang dijelaskan tadi, anda dapat memakai parit atau saluran air yang lainnya tetapi tentu saja hasilnya akan sedikit berbeda. Berikut merupakan bahan dan kontruksi yang diperlukan dalam pembuatan kolam parit untuk ikan.

Baca Juga :
Trik Budidaya Kyuri Atau Timun Jepang Untuk Pemula, Raup Keuntungan Belipat
Teknik Jitu Budidaya Srikaya Dengan Mudah Dan Untung Melimpah
Yuk!!! Budidaya Tanaman Lantana, Memperhias & Memperindah Rumah

Persiapan Bahan dan Pembuatan Kontruksi Kolam

Bahan yang diperlukan untuk membuat kolam untuk budidaya ikan dalam parit yaitu bambu yang sudah cukup tua dan mempunyai panjang ruas yang cukup. Setelah itu, bersihkan bambu kemudian potong dengan ukuran panjang sekitar 70cm sampai 100cm dan lebar 5cm. Apabila anda memakai jaring, maka pakailah jaring yang mempunyai ukuran mata jaring yang sesuai dengan ukuran benih ikan yang akan dibudidayakan. Selanjutnya potong jaring tersebut dengan ukuran lebar sekitar 70cm sampai 100cm dan panjang disamakan dengan lebar parit.

Apabila lokasi dan bahan sudah siap, selanjutnya buatlah kontruksi kolam parit budidaya ikan tersebut. Berikut tahapan untuk membuat kontruksi kolam.

a. Pertama, siapkan kerangka kayu dengan ukuran disamakan dengan lebar parit, supaya rangka tersebut tak hanyut terbawa arus air, maka sebaiknya tanam rangka kayu tersebut sedalam 20cm pada setiap tebing parit atau saluran air. Kerangka terdiri atas 2 bilah kayu yang dipasang melintang sesuai dengan lebar parit atau saluran air yang dipakai. Letakkan kayu tersebut sejajar satu sama lain dan kayu yang satu berada diatas kayu lain dengan jarak sekitar 40cm sampai 60cm.

b. Kerangka kolam harus dibuat 2 buah dengan jarak satu sama lain ditentukan berdasarkan lebar parit atau saluran air. Kerangka ini bertujuan untuk membatasi ruang gerak ikan, sehingga akan mempermudah ketika pemanenan ikan.

c. Selanjutnya, pasang potongan bambu yang sudah disiapkan tadi pada kerangka kayu. Ujung bambu harus tertanam di dasar perairan sekitar 10cm dan ujung yang lainnya muncul dipermukaan air minimal setinggi 20cm. Jarak antara potongan bambu cukup sekitar 2cm-2,5cm atau sesuaikan dengan ukuran benih ikan yang akan dibudidayakan. Sama halnya apabila anda memakai jaring, jaring harus tertanam sedalam 10cm dan bagian atasnya muncul ke permukaan air dengan ketinggian minimal sekitar 20cm.

d. Disarankan parit yang dipakai mempunyai perbandingan panjang dan lebar tak lebih dari 2 : 1 yang berarti apabila panjang parit atau saluran air 4m maka lebar kolam 2m.

Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Waring Ikan untuk budidaya ikan di parit atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minimal order 10 roll
– harga netto (tdk termasuk PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia Tips & Trik Budidaya Ikan Di Parit, Sangat Menguntungkan"

Posting Komentar