HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR WARING SAYUR & WARING IKAN
Menyediakan: waring sayur, karung waring, karung jaring, waring merah, waring kuning, waring ikan, waring pagar, waring hitam, waring keramba, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Yuk!! Intip Trik Budidaya Ikan Bawal Bintang, Potensi Keuntungan Tinggi


Ikan ini sering dikenal dengan nama ikan kuwe yang merupakan salah satu jenis dari ikan filum chordata dengan nama ilmiahnya yaitu Trachinotus blochii dan dikenal dengan nama Pompanoo silver dalam bahasa Inggris. Ciri khas yang dipunyai filum chordata pada bawal bintang ini yaitu mempunyai tali syaraf berbentuk tabung, tunggal, dan terletak di punggung, celah insang dalam faring dan sebuah notokorda. Bawal bintang mempunyai tubuh pipih, sirip punggung dan sirip dada yang panjang serta panjang tubuhnya rata – rata mencapai ukuran sekitar 65cm.

Habitat bawal bintang yaitu perairan sekitar pantai, teluk, dan daerah sekitar terumbu karang. Penyebaran bawal bintang cukup luas, yaitu dimulai dari perairan Laut Indo-Pasifik, Laut Merah, dan perairan Afrika Timur ke Kepulauan Marshall dan Samoa, kemudian ke utara dan selatan Jepang sampai Australia. Ketika juvenil bawal bintang akan hidup di perairan dengan substrat lumpur atau pasir yaitu sekitar perairan ekosistem lamun yang kemudian, ketika dewasa bawal bintang akan berada pada perairan ekosistem terumbu karang. Bawal bintang mampu hidup pada kedalaman hingga kurang lebih 7m di bawah permukaan air laut.

Bawal bintang adalah ikan perenang aktif yang tergolong dalam ikan karnivor yang memangsa ikan kecil, udang serta binatang air lainnya.

Ikan ini sudah banyak dibudidayakan karena mempunyai keinginan pasar yang cukup tinggi terutama negara maju seperti Singapura, Taiwan, Hong Kong, serta China. Ikan ini mempunyai daya adaptasi yang cukup tinggi terutama terhadap salinitas, pertumbuhan pesat dan lebih tahan terhadap penyakit sehingga gampang untuk dibudidayakan. Harga pasar bawal bintang di Indonesia bisa mencapai 60 ribu rupiah setiap kg, ini adalah nilai jual yang cukup tinggi di pangsa pasar.

Bawal Bintang adalah suatu jenis ikan air laut yang mempunyai kandungan omega 3 sangat tinggi. Didalamnya terdapat DHA sebesar 2.560mg/100gr dan EPA sebesar 390mg/100gr. Mengingat kandungan gizinya yang cukup tinggi, maka sangat mungkin bila ikan ini sangat diminati di pasar lokal maupun pasar internasional.

Baca Juga :
Tips Budidaya Anggur, Buah Banyak Manfaat & Menguntungkan
Ingin Tau Budidaya Selada Hidroponik, Ini Dia Trik Jitunya!!
Ingin Budidaya Kembang Kol Hasilnya Melimpah, Ini Dia Rahasianya

Pertumbuhan ikan bawal bintang ini akan maksimal pada perairan yang mempunyai parameter dengan suhu sebesar 28-32°C, salinitas sekitar 29–32ppt, DO 6,8–8,4ppm, dan pH sekitar 7–8. Sedangkan pada kondisi lingkungan budidaya, persyaratan kualitas air untuk budidaya pembesaran ikan bawal bintang yaitu sebagai berikut :
  • Kecepatan arus ideal untuk budidaya bawal bintang merupakan 20–40cm/detik.
  • Kecerahan perairan untuk pertumbuhan bawal bintang merupakan 2–10mg/l (untuk partikel >1) dan 2-3mg/l (untuk partikel <1 mikron).
  • Suhu optimal untuk pertumbuhan bawal ikan yaitu 28–32°C.
  • Salinitas yang ideal yaitu 29–32 ppt.
  • Ikan bawal bintang akan sangat baik bila dibudidaya pada air laut dengan pH 6,8–8,4.
  • Ikan bawal bintang dapat hidup layak dalam keramba jaring apung dengan kosentrasi oksigen terlarut (DO) sebesar 5–7ppm.


Budidaya ikan bawal bintang biasanya dilaksanakan dalam sistem keramba jaring apung atau tancap. Kedalaman ideal untuk melaksanakan budidaya ikan ini sekitar 5–15m di laut lepas dengan gelombang rendah 0,5–1m. Keramba yang umumnya dipakai untuk budidaya ikan ini berkisar ukuran 3x3m atau 4x4m. Perairan yang baik untuk budidaya ikan bawal bintang ini yaitu perairan jernih yang jauh dari pembuangan limbah industri maupun rumah tangga, erosi atau abrasi, juga pasang surut.

Budidaya pembesaran bawal bintang ini dapat dilaksanakan dengan penebaran benih ukuran 7–9cm dengan padat tebar sebanyak 400 ekor setiap keramba. Selama pemeliharaan dapat diberikan pakan berupa pelet sebanyak 2–3 kali 1 hari. Masa pemeliharaan budidaya ikan ini yaitu selama 7–8 bulan yang kemudian bisa dipanen dengan berat 350–500kg setiap ekor.

Jika Anda membutuhkan Waring Ikan, Waring Hitam untuk budidaya ikan ataupun untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minimal order 10 roll
– harga netto (tdk termasuk PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yuk!! Intip Trik Budidaya Ikan Bawal Bintang, Potensi Keuntungan Tinggi"

Posting Komentar