HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR WARING SAYUR & WARING IKAN
Menyediakan: waring sayur, karung waring, karung jaring, waring merah, waring kuning, waring ikan, waring pagar, waring hitam, waring keramba, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Lengkap Budidaya Ikan Lele yang Mudah Diterapkan, Cocok Untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Lele yang Mudah Diterapkan

Hai, kembali lagi bersama penulis yang akan membahas seputar dunia pertanian, perkebunan, dan juga perternakan. Ikan kaya nutrisi sepertiomega-3, serat protein, asam amino, zat besi dan yodium. Disamping itu ikan kaya vitamin seperti vitamin A, D, B6 dan B12. Karena itu, konsumsi ikan terus dianjurkan ke warga Indonesia sebab ikan mempunyai banyak kandung faedah yang bagus untuk badan.

Lele adalah macam ikan yang terbanyak dimakan oleh warga Indonesia. Kecuali rasa-rasanya renyah dan gampang didapatkan di beberapa pasar tradisionil, harga ikan lele termasuk murah. Disamping itu, rupanya banyak pula yang berminat untuk membudidayakan ikan air tawar yang ini.

Budidaya ikan lele adalah usaha yang cukup janjikan sebab pada intinya benar-benar sangat memberikan keuntungan. Ini dilihat dari kebutuhan pasar pada ikan lele yang makin bertambah dari tahun ke tahun. Macam ikan lele yang terbanyak dibudidayakan ialah ikan lele dumbo. Berikut langkah budidaya ikan lele memakai medium terpal yang dapat Anda aplikasikan.

Fragmen Usaha Budidaya Ikan Lele

Ada dua fragmen dalam usaha dan langkah budidaya ikan lele, yakni fragmen pembenihan dan fragmen pembesaran. Fragmen pembenihan mempunyai tujuan untuk hasilkan benih ikan lele, sedang fragmen pembesaran mempunyai tujuan untuk hasilkan ikan lele siap konsumsi.

Budidaya ikan lele biasanya dilakukan di kolam kolam galian konvesional. Tetapi, masalah yang kerap ditemui ialah saat kolam ikan dirundung banjir. Oleh karena itu, pengerjaan kolam ikan berbahan terpal bisa menghindar peluang itu. Sebab, kolam ikan dari terpal bisa dibikin dengan status ada di atas tanah, dengan dinding dari kayu dan dilapis terpal.

Persyaratan Hidup Ikan Lele

1. Ikan lele bisa hidup pada temperatur 20 derajad Celcius dengan temperatur maksimal di antara 25 sampai 28 C. Tentang hal untuk perkembangan larva dibutuhkan range temperatur di antara 26 sampai 30*C dan untuk pemijahan 24-28*C.

2. Perairan jangan terkontaminasi oleh bahan kimia sampah industri, merkuri, atau memiliki kandungan kandungan minyak dan bahan yang lain yang bisa mematikan ikan lele.

3. Ikan lele bisa hidup dalam perairan cukup tenang dan kedalamannya cukup meskipun keadaan airnya jelek, kotor, kotor dan cuman memiliki kandungan sedikit zat O2 (oksigen)

4. Perairan yang bagus ialah banyak terkandung beberapa zat yang diperlukan ikan dan bahan makanan alami perairan itu bukan perairan yang riskan banjir

5. Permukaan perairan jangan tertutup meeting oleh sampah atau daun-daunan hidup (jangan menanam kebanyakan enceng gongok)

6. memiliki tingkat pH 6.5-9 kesadahan (derajat butiran kasar) optimal 100ppm dan maksimal 50 ppm, turbidity (kekeruhan) bukan lumpur di antara 30-60 cm, keperluan o2 maksimal pada kisaran yang lumayan lebar dari 0.3 ppm untuk yang dewasa sampai jemu untuk burayak, dan kandung CO2 kurang dari 12,8 mg/liter, amonium terlilit 147,29-157.56 mg/liter.

Menyiapkan Kolam Ikan Lele

Dalam langkah budidaya ikan lele, penyiapan kolam berperanan penting untuk kesuksesan usaha budidaya lele. Salah satunya pemicu munculnya penyakit dan tingginya angka kematian ikan lele ialah sebab keadaan air yang tidak penuhi persyaratan.

Misalkan, pH air tidak sesuai situasi keadaan yang diperlukan oleh ikan lele. Karena itu, dianjurkan untuk jangan menyebar benih ikan lele dengan keadaan pH yang belum penuhi persyaratan. Seharusnya pakai alat pengukuran pH supaya pas. Air yang dipakai dapat dari sumber mana saja, dengan persyaratan kandungan besinya rendah.

Membuat Kolam Terpal

Langkah budidaya ikan lele yang seterusnya dengan menyiapkan pengerjaan kolam terpal. Tehnologi kolam terpal adalah salah satunya pilihan tehnologi budidaya ikan yang diaplikasikan pada tempat sempit, tersedianya suplai air terbatas, dan tempat yang tanahnya porous khususnya tanah berpasir.

BACA JUGA:

Trik Rahasia Meningkatkan Hasil Panen Tanaman Padi

5 Tanaman Hias yang Sedang Populer di kalangan Pecinta Kebun

Beberapa Rekomendasi Pupuk Padi yang Bagus Agar Padi Tumbuh Subur

Posisi yang bagus untuk budidaya lele di kolam terpal ialah tempat kolam yang bebas banjir, sedang jumlah dan kualitas air tidak jadi factor pemisah atau air ada sama keperluan. Untuk 100 ekor ikan lele, karena itu kolam yang perlu disiapkan dengan ukuran 2 x 1x 0.6 mtr..

Cara Pengerjaan Kolam Terpal

Beberapa langkah pengerjaan kolam terpal selaku langkah budidaya ikan lele sebagai berikut ini: 

  • Keduk tanah sedalam minimum 50 cm.
  • Buat kerangka untuk terpal kolam memakai bambu atau kayu
  • Yakinkan tempatnya dengan galian tanah itu. 
  • Masukan terpal di dalam kerukan kolam ikan lele itu. 
  • Pasang terpal secara berhati-hati dan yakinkan agar terpal tidak bocor.
  • Yakinkan terpal dipasang secara baik di kolam yang telah dikeruk,
  • Tambahkan air ke dalam kolam, pemakaian air PAM harus diendapkan dahulu 1-3 hari, agar koporit menguap.

Ikan lele dumbo bisa dibuktikan bisa bertahan hidup dan berkembang biak secara baik walau keadaan air tempat perawatan tidak begitu bersih. Salah satunya keuntungan membudidayakan ikan lele dalam kolam terpal ialah gampang dikerjakan dan tidak membutuhkan modal yang begitu besar. Budidaya ikan lele di kolam terpal bisa ditempuh dengan 2 arah, yakni selaku pembibitan dan selaku konsumsi.

Langkah Budidaya Ikan Lele untuk Pembibitan

Pembibitan ikan lele dalam kolam terpal dikerjakan dengan menjadikan satu induk betina dan pejantan hingga berlangsung pemijahan dan penetesan telur. Sesudah menetas, bibit ikan lele bisa dipasarkan ke peternak lain untuk dibesarkan atau dipiara kembali lagi sampai besar. Sebab bibit lele bisa langsung dipasarkan saat menetas, ini jadi salah satunya kesempatan usaha yang cukup janjikan.

Bibit ikan lele sama ukuran 2-3 cm dapat ada saat umur penetasan capai waktu 1 bulan. Supaya bibit ikan lele cepat besar saat memiaranya dengan kolam terpal, yang perlu dikerjakan ialah memberi makanan berbentuk pelet yang cukup sehari-harinya.

Untuk jadikan bibit ikan lele memiliki ukuran 5-7 cm, saat yang dibutuhkan ialah 2 bulan. Sesudah bibit capai ukuran ini, karena itu bisa dipasarkan selaku bibit yang datangkan keuntungan untuk peternak.

Langkah Budidaya Ikan Lele Untuk Konsumsi

Langkah budidaya ikan lele untuk konsumsi bisa dikerjakan saat kolam terpal yang telah ada diisi sama air yang tidak begitu dalam lebih dulu. Untuk bibit ikan lele yang memiliki ukuran 5-7 cm bisi diisi sama air 40 cm. Ini dikerjakan supaya anakan ikan tidak berasa lelah turun naik dari landasan kolam untuk ambil oksigen.

Bersamaan dengan bertambahnya umur dan ukuran badan ikan lele, karena itu kedalaman air kolam bisa juga dikerjakan. Perlu disiapkan juga rumpon atau perlindungan untuk lele. Sebab lele adalah ikan yang suka bersembunyi di wilayah tertutup. 

Lele untuk kepentingan konsumsi bisa dipiara saat capai ukuran 5-7 cm. Supaya panen berjalan secara cepat, yakni seputar 3-4 bulan periode budidaya, karena itu ikan harus dikasih makanan tambahan dan maksimal. Sebaiknya perlu ditukar air seputar 10-30% tiap minggu, supaya kolam tidak begitu kotor dan bau. Penyakit pada ikan lele gampang menyerbu pada air dengan keadaan yang kotor.

Pada umur ikan lele 1 bulan atau bisa lebih, perlu dikerjakan penyeleksian dan pembelahan pada ikan sama ukuran yang lain. Umumnya lele alami perkembangan yang berbeda, hingga bila tidak dipisah lele sama ukuran kecil akan kalah berkompetisi dalam berebutan makanan.

Pakan untuk Ikan Lele

Dalam memberikan makan ikan lele, ada tata langkah spesial yang perlu dituruti. Ini mempunyai tujuan supaya peternak tidak boros dan lele tidak mati sebab kelebihan atau kekurangan makanan. Pakan ikan lele dumbo yang diberi ialah pakan pabrikasi dan harus disamakan dengan besaran mulut ikan. Untuk aktivitas pembesaran ikan, karena itu pemberian pakan awalnya ialah F999 (bibit yang yang bisa mengonsumsi pallet butiran) sampai usia ikan dua minggu, selanjutnya 781-2 sampai usia ikan 2 bulan dan 781 sampai usia ikan lele siap di panen yakni 3 bulan.

Pemberian pakan pellet pada ikan lele bisa dikerjakan 2x satu hari. Bila ada pakan alami seperti bekicot, kerang, keong emas, rayap dan sebagainya, bisa diberi untuk makanan tambahan.

Ya, selesai sudah artikel untuk kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Akhir kata, sampai jumpa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Lengkap Budidaya Ikan Lele yang Mudah Diterapkan, Cocok Untuk Pemula"

Posting Komentar