HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR WARING SAYUR & WARING IKAN
Menyediakan: waring sayur, karung waring, karung jaring, waring merah, waring kuning, waring ikan, waring pagar, waring hitam, waring keramba, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Ingin Budidaya dan Pemeliharaan Ikan Bawal? Begini Cara Jitunya!

Cara Budidaya dan Pemeliharaan Ikan Bawal

Halo para pembaca setia! Siap menerima informasi hari ini? Nah, kali ini kita akan membahas soal cara budidaya dan pemeliharan ikan bawal. Budidaya ikan bawal semenjak dulu serta sampai sekarang ini masih cukup menjanjikan. Bersamaan naiknya keinginan ikan di beberapa pasar di wilayah, membuat beberapa peternak ikan bawal makin banyak serta turut naik banyaknya. Ikan bawal air tawar (colossoma macropomum) salah satu ikan favorit budi daya perikanan air tawar.

Usaha budidaya ikan bawal ini ditujukan untuk mendapatkan ikan ukuran mengonsumsi atau ukuran yang disukai oleh customer. Pembesaran ikan ini bisa dilaksanakan di kolam tanah atau kolam permanen, baik dengan cara monokultur atau polikultur.

Tipe ikan Bawal memiliki beberapa kelebihan serta kelebihan, misalnya: 

1. Ketahanan yang tinggi pada situasi limnologis yang kurang baik

2. Rasa dagingnya juga cukup enak, hampir seperti daging ikan Gurami

Langkah Budidaya Ikan Bawal

Beberapa langkah Langkah Budidaya Ikan Bawal:

1. Persiapan Kolam untuk budidaya ikan Bawal

Persiapan kolam ikan bawal ini ditujukan untuk menumbuhkan makanan alami dalam jumlah yang cukup. Sesudah fundamen kolam betul-betul kering, fundamen kolam perlu dikapur dengan kapur tohor atau dolomit dengan jumlah 25 kg/100 mtr. persegi. Ini untuk tingkatkan pH tanah, dapat untuk membunuh hama atau bakteri yang tahan pada proses pengeringan.

Kolam pembesaran tidak mutlak harus dipupuk. Ini karena makanan ikan bawal beberapa didapat dari makanan penambahan atau bikinan. Tetapi jika dipupuk bisa memakai pupuk kandang 25 – 50 kg/100 m2 serta TSP 3 kg/100 m2. Pupuk kandang yang dipakai harus betul-betul yang telah masak, supaya tidak jadi toksin buat ikan.

Sesudah pekerjaan pemupukan usai, kolam diisi air setinggi 2-3 cm serta didiamkan semasa 2-3 hari, selanjutnya air kolam ditambah dikit demi sedikit sampai kedalaman awal 40-60 cm serta terus ditata sampai ketinggian 80-120 cm bergantung kepadatan ikan. Bila warna air telah hijau jelas, baru bibit ikan disebar (umumnya 7~10 hari sesudah pemupukan).

2. Penyeleksian serta penyebaran benih ikan bawal

Cukup dengan benih yang baik, ikan bawal akan hidup serta tumbuh secara baik. Penyebaran benih Sebelum benih disebar perlu diadaptasikan, dengan arah supaya benih ikan tidak pada keadaan depresi waktu ada dalam kolam.

Langkah penyesuaian : ikan yang terbungkus dalam plastik yang tertutup rapat dimasukkan di dalam kolam, diamkan sampai dinding plastik mengembun.

BACA JUGA:

Cara Mudah Membuat Benih Cabai di Polyabg dengan Baik dan Benar

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mulsa Plastik dalam Pertanian

Dirasa Lebih Sehat dari Nasi Putih, Ternyata Bahaya Mengintai di Balik Konsumsi Nasi Merah

Ini pertanda air kolam serta air dalam plastik telah sama hawanya, kemudian dibuka plastiknya serta air dalam kolam masukan dikit demi sedikit di dalam plastik tempat benih sampai benih nampak pada keadaan baik. Setelah itu benih disebar dalam kolam ikan dengan cara perlahan.

3. Kualitas Pakan Serta Langkah Pemberian Ikan Bawal

Cukup dengan pakan yang baik ikan bisa berkembang dan tumbuh sesuai yang kita kehendaki. Kualitas pakan yang baik ialah pakan yanq memiliki gizi yang setimbang baik protein, karbohidrat atau lemak dan mineral dan vitamin.

Sebab ikan bawal berbentuk omnivora karena itu makanan yang diberi dapat berbentuk daun-daunan atau berbentuk pelet. Pakan diberi 3-5 % berat tubuh (prediksi jumlah keseluruhan berat ikan yang dijaga). Pemberian pakan bisa disebar dengan cara langsung

4. Panen Hasil Ikan Bawal

Panen hasil usaha pembesaran bisa dilaksanakan sesudah ikan bawal dijaga 4-6 bulan, waktu itu ikan sudah capai ukuran kira-kira 500 gr/ekor, dengan kepadatan 4 ekor/m2.

Umumnya alat yang dipakai berbentuk waring bemata lebar. Ikan hasil pemanenan seharusnya penampungannya dilaksanakan di tempat yang luas (tidak sempit) serta situasi airnya tetap mengalir.

Selesai sudah artikel untuk hari ini, jangan lupa selalu kunjungi website ini untuk update berita terbaru ya. Sampai jumpa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Budidaya dan Pemeliharaan Ikan Bawal? Begini Cara Jitunya!"

Posting Komentar

LANGGANAN