HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR WARING SAYUR & WARING IKAN
Menyediakan: waring sayur, karung waring, karung jaring, waring merah, waring kuning, waring ikan, waring pagar, waring hitam, waring keramba, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Urap-Urap, Makanan Kaya Sayur yang Pasti Kaya Manfaat. Pernah Coba?

Produsen & Distributor Waring Sayur - Lim Corporation

Sebelum masuk ke pembahasan  kita akan membahas sedikit tentang pengertian urap. Urap adalah sajian yang ditemukan di Nusantara khususnya di Jawa, Bali, Sumatra dengan berbagai versi. Berdasarkan daerah masing – masing urap juga biasa disebut urap-urap, atau urap-urapan.

Di Jawa Tengah, urap dikenal dengan nama, gudangan. Di daerah Sumatra, urap disebut anyang. Sedangkan di Bali ada jenis urap khas yang disebut dengan nama lawar. Pada dasarnya, urap adalah campuran berbagai sayur yang direbus/kukus dan diaduk dengan parutan kelapa berbumbu.

Sayuran yang dipakai untuk membuat urap umumnya adalah kangkung, kacang panjang, tauge. Ada juga yang memakai pucuk ubi atau daun singkong, pucuk daun labu, daun pepaya, kangkung, jantung pisang, ketimun, dan lain-lain. Dijawa juga ada jenis urap yang mentah disebut dengan trancam.

Urap dapat dimakan begitu saja sebagai makanan utama atau sebagai sayuran teman makan bersama dengan nasi hangat yang akan lebih nikmat. Yuk langsung aja kita simak berbagai resep urap sayur dibawah ini.

Baca Juga : 

1. Resep Urap Sayur Pertama

Bahan – Bahan Bumbu Halus :


  • 1 buah Kelapa parut muda
  • 2 buah cabai merah
  • 2 buah crawit
  • 3 cm kencur
  • 1 cm lengkuas
  • ½ buah gula merah
  • 2 cm terasi bakar
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Daun pisang untuk membungkus

Sayur yang Digunakan :


  • Tauge
  • Wortel
  • Kacang panjang
  • Kangkung
  • Kol

Cara Membuat Resep Urap Sayur  :


  1. Potong – potong sayur tipis memanjang. Rebus semua sayuran hingga agak layu lalu angkat dan masukkan ke dalam air es atau air dingin
  2. Haluskan cabai merah, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, kencur, gula merah, terasi bakar, garam, lada terlebih dahulu dan tambahkan sedikit air
  3. Campur semua bumbu yang telah dihaluskan dan kelapa parut, lalu bungkus dengan daun pisang beserta daun salam dan daun jeruk
  4. Kukus campuran kelapa selama 20 menit
  5. Hidangkan bersama dengan tumisan kelapa tadi. Atau bisa juga dicampur bersama sayuran sebelum dihidangkan


Manfaat Urap Sayur Bagi Kesehatan

Beberapa vitamin dan mineral penting yang terkandung dalam urap sayur adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, seng, kalium, fosfor, dan asam folat. Kandungan ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kalian, yang juga dapat untuk mencegah berbagai penyakit.

Serat dalam urap sayur juga berperan dalam mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, dan penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Hal ini karena serat dapat membantu kalian dalam menurunkan kolesterol jahat.

Mengontrol kadar gula darah, melancarkan sistem pencernaan, dan membuat kalian lebih kenyang sehingga tidak makan berlebih. Langsung aja kita simak beberapa manfaatnya dibawah ini.

1. Melindungi Kesehatan

Mengonsumsi urap sayur setiap hari dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, kanker, melancarkan sistem pencernaan, membantu meningkatkan fungsi penglihatan dan memori, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menguatkan tulang kita.

2. Melawan Penyakit

Fitokimia, atau senyawa kimia seperti beta-karoten yang terjadi secara alami pada tanaman, yang terkandung dalam sayuran, sangat penting untuk melawan berbagai jenis penyakit. Fitokimia biasanya berkait dengan warna sayuran.

3. Membantu Menyehatkan Mata

Manfaat dari urap berikutnya adalah membantu menyehatkan mata. Mengkonsumsi urap dapat membantu menyehatkan mata karena urap diketahui memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik dalam menjaga kesehatan mata kita.

4. Membantu Menyehatkan Tulang

Manfaat urap yang berikutnya adalah membantu menguatkan tulang. Urap mengandung mineral didalamnya yaitu zat besi yang sangat diperlukan untuk menguatkan tulang dalam tubuh. Zat besi ini didapat dari salah satu bahannya yaitu bayam.

5. Bermanfaat Untuk Ibu Saat Melahirkan

Urap juga bermanfaat untuk Ibu saat melahirkan. Kandungan vitamin A pada urap dapat mencegah komplikasi pada ibu setelah pada masa persalinan. Vitamin A yang terdapat pada urap juga mampu mencegah ibu terserang penyakit anemia saat melahirkan.

6. Membantu Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat urap berikutnya yaitu dapat mencegah penyakit kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh masyarakat karena sulit disembuhkan dan dapat menyebabkan kematian. Untuk mencegah penyakit tersebut, kalian dapat mengkonsumsi makanan urap sayur.

7. Menurunkan Resiko Penyakit Serangan Jantung

Jika kalian mengkonsumsi urap ini sama halnya kalian untuk menurunkan resiko serangan jantung. . Kandungan vitamin C yang terdapat pada urap akan mengurangi penebalan pada pembuluh darah arteri pada jantung.

8. Mencaga Kekebalan Tubuh

Urap juga dapat untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan protein serta mineral lainnya pada urap dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tubuh tidak mudah terkena penyakit dan menjaga tubuh tetap bugar.

9. Dapat Membantu Memperbaiki Sel Kulit

Manfaat urap berikutnya yaitu dapat membantu memperbaiki jaringan pada sel kulit. Vitamin C yang terdapat pada urap memiliki zat antioxidan. Zat tersebut bisa membantu tubuh untuk memperbaiki jaringan pada sel kulit.


10. Meningkatkan Fungsi Otak

Urap menggunakan bahan dasar sayuran berdaun hijau. Semua sayuran hijau kaya akan folat yang juga dikenal sebagai vitamin B9. Folat dikenal untuk mencegah penurunan kognitif yang berkaitan dengan bertambahnya usia, meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak secara keseluruhan.

11. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Dorongan dalam metabolisme akan membantu kalian menurunkan berat badan. Cabai hijau dan bayam adalah beberapa makanan hijau yang meningkatkan aktivitas metabolisme. Nutrisi yang paling penting untuk fungsi metabolisme adalah vitamin B.

12. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Tubuh kalian membantu memecah makanan menjadi nutrisi melalui pencernaan untuk membangkitkan energi, pertumbuhan dan perbaikan sel.  Untuk memastikan fungsi sistem pencernaan lebih baik, konsumsilah makanan berserat tinggi seperti urap sayur.

13. Menurunkan Kolesterol Jahat

Kolesterol yang menumpuk di dinding arteri dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. ntuk menjaga kadar kolesterol kalian, tingkatkan konsumsi makanan sayuran hijau atau mengkonsumsilah urap sayur.

14. Meningkatkan Sirkulasi Darah dan memulihkan Anemia

Anemia adalah istilah teknis untuk orang kekuramgan zat besi. Jika kalian kekurangan zat besi, jumlah sel darah merah menurun, karena zat besi merupakan bagian penting dari produksi sel darah merah.

15. Meningkatkan Sistem Imun

Ada beberapa faktor yang membuat tauge menjadi booster yang kuat bagi kekebalan tubuh kita. Kandungan vitamin C dapat membuat tauge menjadi stimulan yang baik untuk sel – sel darah putih dalam tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit dalam tubuh.

Produsen Waring Sayur Surabaya
* Info mengenai harga Waring Sayur silakan klik tautan berikut ini http://bit.ly/hargawaringsayur

Bila Anda Membutuhkan atau Ingin Memesan Waring Sayur atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk penanganan pasca panen tanaman atau untuk yang lainnya dengan harga yang lebih terjangkau dan untuk pemesanan Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
– Minimal order 5 Ball
– 1 Ball = 1.000 lembar
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Urap-Urap, Makanan Kaya Sayur yang Pasti Kaya Manfaat. Pernah Coba?"

Posting Komentar