HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR WARING SAYUR & WARING IKAN
Menyediakan: waring sayur, karung waring, karung jaring, waring merah, waring kuning, waring ikan, waring pagar, waring hitam, waring keramba, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mengulik Jenis-jenis Tanaman yang Cocok Ditanam di Lahan Gambut

Produsen & Distributor Waring Sayur - Lim Corporation 

Lahan gambut ialah lahan yang mempunyai kondisi tanah jenuh air dan terbentuk dari endapan yang bisa berasal dari penumpukkan residu jaringan tumbuhan dari masa lampau yang lalu melapuk. Lahan gambut menjadi ekosistem penyimpanan dan penyerap karbon yang sangat penting. Karena lahan ini dikisarkan bisa menyimpan lebih dari 600 Gt karbon. 

Baca Juga : 
Andaikan lahan dalam kondisi kering, hal ini sayangnya membuat lahan gambut mudah terbakar. Tetapi ketika waktu yang bersamaan, diatas lahan gambut inilah jutaan petani bisa melangsungkan hidup. Lahan gambut mempunyai ciri khas. Diantara ciri tersebut ialah sebagai berikut :
  • Kondisi tanah basah serta biasanya terdapat di lokasi lahan yang basah.
  • Tanah gambut mempunyai warna yang cukup gelap.
  • Di dalam tanah gambut, ada kandungan asam yang tinggi sehingga tanah ini tidak cukup mudah buat dipakai untuk media bercocok tanam.
  • Tanah ini tergolong kepada tanah yang kurang subur.
  • Tanah ini banyak terbentuk pada area rawa, dan mempunyai tekstur tanah yang lunak nan labil.
Sebagian besar tanah gambut masih mempunyai kondisi yang rimbun pepohonan serta juga menjadi habitat tumbuhan dan hewan yang langka. Hutan yang masuk ke dalam lahan gambut cenderung menyimpan karbon dalam jumlah yang besar. Hal ini mengakibatkan karbon menjadi tersimpan secara baik, mulai dari permukaan hingga mencapai ke dalam tanah sampai menembus kedalaman mencapai lebih dari 10 meter. Peranan tanah gambut pada bidang hidrologi sangatlah penting. Lahan gambut bisa menjadi pengendali banjir saat musim penghujan tiba dan menyimpan cadangan air ketika waktu musim kemarau datang.

Lahan gambut sendiri terbentuk dari proses dekomposisi vegetasi yang tak sempurna, yaitu berasal dari sisa-sisa pohon, rerumputan sert juga lumut. Namun dekomposisi hewan yang sudah mati serta menjadi lapuk maupun belum lapuk ternyata juga bisa menjadi penyebab terbentuknya tanah gambut. Tetapi dengan syarat, tanah tersebut berada di dalam kondisi lingkungan yang basah. Karena, kondisi anaerob terhadap tanah gambut mempunyai jumlah organisme pengurai yang sedikit. Tanah gambut sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu:
  • Gambut topogen. Gambut topogen ialah jenis tanah gambut yang posisinya berada di atas tanah mineral yang terletak di dasar perairan. Sebab lokasinya berada di dasar perairan, maka jenis tanah ini bisa mengendap serta juga menumpuk di dasar perairan. Lama-lama daerah tersebut akan terpengaruh sama tanah ini. Tetapi tumbuhan masih bisa tumbuh serta berkembang biak secara baik di dalam tanah ini.
  • Gambut ombrogen. Tanah gambut ombrogen terkadang dianggap juga sebagai tanah gambut sekunder. Karena tanah ini ialah tanah gambut yang berkembang di bagian atas tanah gambut topogen. Sehingga tanah ini menutupi lapisan tanah gambut topogen serta tebalnya bisa melebihi permukaan danau. Peranan air hujan pada tanah ini ialah sebagai pembersih lapisan tanah sehingga tanah gambut ombrogen menjadi miskin zat hara.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, menanam tanaman di tanah ataupun lahan gambut bukanlah sesuatu hal yang mudah. Tidak semua jenis tanaman akan cocok di kondisi tanah ini. Tetapi terdapat beberapa jenis tanaman yang cocok buat lahan gambut. Tanaman tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Tanaman Sawit

Sawit ataupun kelapa sawit termasuk ke dalam tumbuhan industri penghasil minyak. Maka dari itu, andaikan dilihat pada segi industri, perkebunan kelapa sawit sangatlah menguntungkan. Tidak jarang juga ditemukan hutan-hutan yang lalu di konversi menjadi lahan sawit. Tanaman ini berbentuk sebuah pohon yang ketinggiannya bisa mencapai 24 meter. Walaupun mempunyai akar serabut, tetapi pohon ini bisa berdiri tegap nan kokoh. Sawit mempunyai daun berwarna hijau tua serta penampilannya nyaris mirip tanaman salak.

2. Tanaman Akasia

Akasia ialah jenis tanaman yang ditemukan di Australia, kemudian menyebar ke berbagai daerah tropis lainnya dan negara-negara beriklim sedang seperti Eropa, Asia Selatan serta juga Amerika. Nama Akasia berasal dari kata akis, dari Bahasa Yunani yang mempunyai arti duri. Tanaman ini dapat tumbuh secara cepat serta juga mempunyai ketahanan pada kondisi lingkungan nan cuaca.

3. Tanaman Karet
Karet ataupun Hevea brasiliensis ini ialah tanaman berbatang lurus yang berasal dari Brazil. Tanaman karet mulai dibudidayakan sekitar tahun 1876 di Indonesia, Malaysia serta juga Singapura. Jenis tanaman ini cukup baik buat dibudidayakan di kondisi lahan kering dan lahan yang basah.

4. Pohon Ramin
Kayu ramin berasal dari pohon bergenus Gonystylus yang banyak tumbuh di daerah rawa gambut. Diperkiran ada sekitar sepulih jenis pohon Ramin yang tersebar di Indonesia.

5. Pohon Meranti
Pohon meranti ataupun Shorea sp, ialah pohon yang bisa mempunyai bunga serta buah secara bersamaan. Ketika waktu musim tumbuh datang, hal ini sangat menguntungkan pengusaha sebab bahan bibit bisa langsung dicabut.
*Info mengenai harga Waring Sayur silakan klik http://bit.ly/hargawaringsayur

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Waring Sayur untuk penanganan pasca panen tanaman atau untuk yang lainnya dengan harga yang lebih terjangkau dan untuk pemesanan Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan :
– Minimal order 5 Ball
– 1 Ball = 1.000 lembar
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengulik Jenis-jenis Tanaman yang Cocok Ditanam di Lahan Gambut"

Posting Komentar