HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR WARING SAYUR & WARING IKAN
Menyediakan: waring sayur, karung waring, karung jaring, waring merah, waring kuning, waring ikan, waring pagar, waring hitam, waring keramba, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Trik Jitu Budidaya Cabai Keriting Agar Berbuah Lebat Tiap Panen

Distributor Waring Sayur Daerah Sidoarjo - Lim Corporation

Sektor agribisnis sangat prospek bila dapat diusahakan dengan serius dan tekun. Apalagi jika jenis komoditas yang ditanam berupa cabai merah keriting. Meskipun luas lahan tidak terlalu luas namun terkadang mampu menghasilkan pendapatan lebih besar.

Bahkan jika didukung oleh harga jual yang baik, hasil panen cabai memberikan keuntungan bisa mencapai 30% dari modal yang dikeluarkan. Namun untuk memperoleh harga jual yang bagus sangat sulit ditentukan kapan waktunya.

Sebagai petani cabai yang sudah berpengalaman dalam urusan menanam dan merawat pohon cabai tersebut, melihat waktu tanam yang tepat merupakan salah satu strategi berusaha dibidang agribisnis agar hasil panennya sesuai dengan permintaan pasar, begitu pendapat petani cabai yang tergabung dalam kelompok tani cabai di Desa Buloh, Pidie.

Baca Juga  : 
Selain jeli melihat peluang pasar, pola tanam atau teknik budidaya cabai merah juga ikut menentukan hasil panen. Pelaku usaha agribisnis harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang ilmu percabaian dan teknis kerja perawatan cabai.

Karena menanam cabai merah keriting  di lahan perkebunan sangat berbeda dengan menanam pada lahan persawahan dan pegunungan. Hal ini disebabkan oleh perbedaan tekstur tanah dan unsur hara yang terkandung dalam tanah tersebut.

Pada lahan perkebunan biasanya tekstur tanah lebih keras dan padat. Sehingga kalau tidak tersedia air yang cukup, maka akan mengganggu pertumbuhan pohon cabai. Apalagi jika ditanam pada musim kemarau.
Namun dengan pola tanam semi intensif masalah kekurangan air dapat diatasi dengan menggunakan plastik mulsa pada bedeng tanaman cabai yang akan digunakan. Untuk bedeng yang ukuran lebar 50 cm dan panjang 10 m menghabiskan satu gulungan plastik mulsa.

Kelebihan menggunakan plastik tersebut dapat menyimpan kelembaban tanah dan menyimpan air di bawah batang pohon cabai sehingga akar cabai dapat dengan mudah menyerap air yang diperlukan untuk pertumbuhan dan produksi.

Pada setiap titik penanaman pohon cabai, plastik mulsa perlu dilubangi agar batang cabai mudah ditanam dan langsung ke tanah, tidak terhalang oleh wadah plastik. Ukuran jarak setiap lubang disesuaikan dengan jarak tanam antar bibit cabai. Biasanya jarak setiap batang 30 cm x 40 cm.

Jangan lupa jika bibit yang baru ditanam atau dipindahkan dari lokasi penyemaian ke media tanam bedengan, diberikan kayu penyangga pada samping batang agar tidak mudah jatuh atau patah batangnya. Apalagi jika terjadi hujan atau angin kencang, bisa menyebabkan bibit cabai yang baru dipindahkan tadi patah terkulai.

Untuk kayu penyangga dapat dibuat dari belahan batang bambu atau dahan kayu khusus yang kuat dan lurus. Ukuran kayu penyangga itu sendiri bisa sepanjang  30 cm - 40 cm. Ini sangat tergantung pada tinggi rendahnya pertumbuhan cabai. Kayu tersebut lalu ditancapkan sedalam 10-15 cm pada setiap titik tanaman cabai dan diikat.

Proses lain yang juga sangat penting diperhatikan dalam budidaya cabai merah keriting dilahan perkebunan adalah pada saat pengolahan tanah pertama kali dilakukan sebelum plastik mulsa dibentangkan.

Tanah harus dicangkul atau dibajak terlebih dahulu agar lahan bisa lebih gembur. Tidak perlu dicangkul terlalu dalam, yang penting mudah untuk dibuat bedengan. Tanah dapat dengan mudah ditarik dan dibentuk gundukan.


Setelah tanah diolah sedemikian rupa, lalu perlu diberikan pupuk atau zat kapur untuk membuat nutrisi atau unsur hara dalam tanah semakin baik dan sesuai dengan kebutuhan cabai yang akan segera ditanam.

Pupuk bisa digunakan jenis organik. Seperti kotoran sapi atau pupuk kompos yang tersedia dipasaran. Untuk per hektare lahan dapat diberikan sebanyak 100 kg pupuk kompos yang ditabur secara merata. Kebetulan kelompok tani di sini juga memiliki ternak sapi sehingga kotorannya bisa digunakan untuk menambah pupuk kompos yang ada.

Setelah selesai pemupukan awal. Biarkan lahan tersebut paling sedikit satu minggu sebelum penanaman. Paling bagus didiamkan selama 15 hari. Rentang waktu tersebut bertujuan supaya unsur-unsur nutrisi yang terdapat pada pupuk kompos dapat diserap oleh tanah dengan baik.

Setelah proses itu selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah merencanakan kapan pemindahan bibit cabai dilakukan ke wadah bedengan yang telah siap terpasang dengan plastik mulsanya. Pada tahap ini pelaku budidaya perlu melihat cuaca yang bagus.

Sangat dianjurkan pemindahan bibit cabai ke lokasi penanaman dikerjakan pada sore hari atau saat cuaca tidak terlalu panas. Tidak direkomendasikan juga pada saat hujan, karena kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan tanaman cabai mudah mengalami kematian.

Setelah semua cabai siap ditanamkan siram dengan sedikit air agar akarnya merekat dengan tanah, tetapi intensitas airnya tidak boleh banyak. Namun perhatikan juga apakah memang perlu disiram atau terkadang pada beberapa kasus penyiraman tidak perlu dilakukan karena kondisi tanahnya lembab.

Sampai pada fase ini, proses penanaman cabai merah keriting di lahan perkebunan selesai dilaksanakan. Langkah berikutnya adalah bagaimana merawat agar pertumbuhan tanaman cabai bisa sehat dan terhindar dari serangan hama.

Penyemprotan insektisida biasanya dilakukan oleh hampir seluruh petani cabai pola intensif pada lahan perkebunan. Frekuensi penyemprotan dapat dilakukan 2 hari sekali jika usia cabai masih muda.

Untuk perawatan yang lebih baik, petani cabai selalu didampingi oleh tenaga penyuluh pertanian dari badan penyuluh. Mereka selalu memberikan penyuluhan dan pendampingan teknis kepada petani yang membutuhkan pengetahuan dan pencerahan.

Keberadaan tenaga penyuluh bagi para petani pembudidaya cabai sangat membantu mengatasi masalah dalam penanganan penyakit cabai dan sekaligus mereka bisa menjadi motivator bagi petani dalam menjalankan usaha agribisnis mereka dan kelompok tani.
*Info mengenai harga Waring Sayur silakan klik http://bit.ly/hargawaringsayur

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Waring Sayur atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk penanganan pasca panen tanaman atau untuk yang lainnya dengan harga yang lebih terjangkau dan untuk pemesanan Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan :
– Minimal order 5 Ball
– 1 Ball = 1.000 lembar
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik Jitu Budidaya Cabai Keriting Agar Berbuah Lebat Tiap Panen"

Posting Komentar