HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR WARING SAYUR & WARING IKAN
Menyediakan: waring sayur, karung waring, karung jaring, waring merah, waring kuning, waring ikan, waring pagar, waring hitam, waring keramba, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Leek Bagi Pemula

Jual Waring Sayur High Quality - Lim Corporation

Bawang Leek atau yang lebih dikenal dengan bawang prei merupakan salah satu jenis bawang yang umbinya sangat kecil dibanding bawang umumnya. Selain dari lebih kecil, rasa umbi bawang leek lebih hambar daripada jenis bawang lain seperti bawang merah atau putih. Sementara daunnya lebih mempunyai cita rasa khas jadi daunnya yang lebih dimanfaatkan. Bawang leek umumnya dijadikan sebagai salah satu bahan tambahan sebagai penyedap dan penambah aroma pada masakan kuah. Berikut cara menanam bawang leek:

http://bit.ly/hargawaringsayur

Persiapan Bibit Bawang Leek

Bibit bawang leek bisa diperbanyak secara vegetatif atau melalui biji. Apabila dengan memakai cara vegetatif maka cuma perlu memisahkan anakan dari rumpun pokok tanaman bawang leek yang telah ada. Namun tapi anda masih pemula sebaiknya pakai cara pembibitan melalui biji. Apabila biji benih bawang leek sudah didapat maka berikutnya lakukan penyemaian. Campurkan tanah humus dengan pH 5 sampai 6 dan pupuk kompos yang perbandingannya 2: 1. Lalu masukkan campuran tanah tersebut pada polybag atau tray semai, berikutnya buatlah lubang tanam dengan jarak 5 sampai 10 cm bila memakai tray semai. Apabila memakai polybag maka cuma dapat membuat 2 lubang tanam saja dengan jarak 5 cm. Lubang tanam tersebut dibuat dengan kedalaman 10 cm.

Masukkan benih bawang leek pada lubang tanam kemudian tutup lubang memakai tanah dan sedikit padatkan tanah supaya bawang leek bisa tumbuh dengan baik. Sesudah itu, tutup media semai atau pembibitan dengan menggunakan karung basah atau daun pisang. Sesudah berkecambah, lakukan perawatan sampai benih sudah siap dipindahkan. Siram benih setiap pagi dengan memakai pupuk cair, perhatikan selalu pada kelembaban media semai. Apabila media semai telah mulai mengering maka perlu sesegera mungkin menyiramnya sampai lembab namun hindari penyiraman berlebih sebab dapat membuat benih mati dan mengalami busuk akar. Apabila bibit sudah berumur 2 bulan dengan ketinggian 10 sampai 15 cm maka bibit telah siap dipindahkan.

Artikel Terkait:

Persiapan Lahan Tanam Bawang Leek

Untuk lahan yang akan dijadikan tempat budidaya bawang leek diolah dahulu. Lakukan penggemburan tanah pada lahan tanam dan gali dengan pola memanjang. Cangkul dengan kedalaman 30 sampai 40 cm dengan lebar 1 m, lalu masukkan pupuk kandang atau kompos dalam lubang galian. Untuk membuat bedengan, pastikan untuk beri jarak antar bedengan dengan membuat parit. Parit yang ideal untuk menanam bawang leek yakni dengan lebar 30 cm. Ukurlah pH tanah pada lahan tanam dan pastikan pH lebih dari 6,5. Apabila pH kurang dari 6,5 maka lakukan pengapuran. Pengapuran tersebut dilakukan dengan memakai dolomit dengan menaburkan di permukaan lahan.

Penanaman Bawang Leek

Buatlah lubang tanam dengan jarak 20x20 cm sedalam 10 cm, bila telah pindahkan bibit pada media semai ke lahan tanam dengan memisahkannya dahulu dengan perlahan. Masukkan benih pada tiap lubang tanam, pastikan untuk tidak merusak akarnya. Sesudah itu, tutup lubang tanam dengan memakai tanah sekitarnya lalu padatkan supaya bawang leek bisa tumbuh dengan kokoh. Apabila menanam bawang leek dalam polybag atau pot, berikut caranya:

https://bit.ly/2dWIjly

- Sediakan media tanam berupa campuran tanah, arang sekam serta kompos dengan perbandingan 2:1:1.
- Ukur pH tanah dan pastikan untuk pH berada di antara 6,5 sampai 7,5.
- Apabila sudah, masukkan tanah campuran dalam polybag atau pot dan buat lubang tanam, dalam satu polybag atau pot hanya dapat ditanami satu bibit saja.

Perawatan Tanaman Bawang Leek

Lakukan penyiraman setiap hari tapi jangan terlalu berlebihan. Penyiraman tersebut cuma untuk menjaga kelembaban tanah saja. Daripada itu, lakukan pemupukan lanjutan sesudah usia bawang leek 4 minggu sesudah pemindahan.
*Info mengenai harga Waring Sayur silakan klik http://bit.ly/hargawaringsayur

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Waring Sayur atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk penanganan pasca panen tanaman atau untuk yang lainnya dengan harga yang lebih terjangkau dan untuk pemesanan Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan :
– Minimal order 5 Ball
– 1 Ball = 1.000 lembar
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Leek Bagi Pemula"

Posting Komentar