HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR WARING SAYUR & WARING IKAN
Menyediakan: waring sayur, karung waring, karung jaring, waring merah, waring kuning, waring ikan, waring pagar, waring hitam, waring keramba, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Gampang Budidaya Ikan Mujair Untuk Ekonomi Keluarga

Cara Mudah Budidaya Ikan Mujair - Ikan mujair adalah ikan yang sangat mudah berkembang biak dan juga sangat cepat perkembangannya, sehingga ikan mujair cocok untuk dijadikan salah satu bentuk usaha untuk menambahkan pendapatan keluarga. Sebelum kita menjelaskan lebih jauh tentang ikan mujair, ada baik kita tahu dulu asal mula ikan mujair. Mujari berasal dari nama seorang yang pertama kali menemukan ikan ini yaitu Bapak Mujair, yang menemukan ikan mujair di muara sungai serang Blitar Jawa Timur pada tahun 1939. Jadi sampai sekarang ikan ini dikasih nama dengan ikan mujair.

Cara Mudah Budidaya Ikan Mujair
Perkembangan ikan mujair yang sangat cepat menjadikan usaha budidaya ikan mujair sangat potensial, namun ketika sudah besar ikan mujair akan melambat pertumbuhannya. Ikan mujair besar panjangnya bisa mencapai 40 cm. Ikan mujair selain potensial sebagai ladang usaha juga enak dikonsumsi, apalagi mujair yang sudah besar, rasanya pasti enak dan terasa sekali lemaknya. Ikan mujair dapat sebagai penyedia protein hewani.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila & Mujair

Pengembangbiakkan ikan mujair tidak harus dalam kolam tanah, dapat juga budidaya ikan mujair dilakukan dalam KOlam Terpal, tetapi kalau anda ingin mebuat kolam tanah, maka lahan tanah yang cocok untuk tempat budidaya ikan mujair adalah sbb:

1). Perhatikan tanah, sebaiknya tanah tempat kolam ialah tanah lempung, sehingga dapat menampung air dan tidak     bocor maupun diserap tanah
2). Buat kemiringan tanah hingga 3-5% agar mudah dalam pengairan secara gravitasi
3). Lokasi pembuatan kolam ikan mujair harus berada pada ketinggian antara 150-1000 diatas permukaan laut
4). Usahakan airnya bersih dan air yang tidak tercemar limbah
5). Ikan mujair sama dengan ikan mas, dimana perkembangannya sangat baik seandainya ada air keluar masuk dalam         kolamnya
6). Usahakan temperatur air, yang berada pada tingkat 15-20 derajat celcius


Persiapan Budidaya Ikan Mujair

1). Setelah kolam selesai dibuat, kalau kolamnya banyak air maka harus dikeringkan terlebih dahulu selama beberapa hari. Selanjutnya dikasih kapur atau dilaksanakan pengapuran untuk menghilangkan dan memberantas hama penyakit maupun ikan liar lainnya yang menjadi predator bagi ikan mujair nantinya. Pengapuran dilaksanakan dengan dosis  25-200 gram/meter persegi. Dan melakukan pemupukan yaitu dengan memberikan pupuk urea dan TSP masing- masing dengan dosis 50-700 gram/meter persegi.

2). Melakukan pemupukan
Setelah semua bersih, yang perlu dilakukan adalah pemupukan. Pemupukan dalam kolam dimaksudkan untuk merangsang pertumbuhan berbagai macam makanan ikan alami. Sehingga pertumbuhan ikan akan cepat akibat dari banyaknya makanan alami tersebut. Dalam masalah ini pupuk yang biasa dipakai ialah pupuk kandang.

3). Pakan ikan mujair untuk pembesaran
Kalau makanan alami ikan mujair telah berkurang atau istilahnya kolam ikan tidak subur lagi (tidak menghasilkan makanan alami) maka perlu dilakukan pemberian makanan tambahan dengan kapasitasnya yaitu tepung ikan 25%, tepung kopra 10% dan dedak halus sebesar 65%. Selain makanan seperti yang dimaksud, bisa juga diberikan makanan berupa pellet yang berkadar protein 20-30% dengan dosis 2-3% dari berat populasi/harinya. Makanan ikan mujair ini dikasihkan dua kali sehari yaitu pagi dan sore.

Jangan Lewatkan : 7 Buah Hasil Persilangan, Yang Bikin Kamu Penasaran Sama Rasanya!

Demikianlah cara mudah membudidaya ikan mujair sebagai tambahan omset pendapatan keluarga. Selain dengan menggunakan media kolam tanah seperti yang disebutkan, bisa juga memelihara ikan mujair dengan menggunakan media kolam terpal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Gampang Budidaya Ikan Mujair Untuk Ekonomi Keluarga"

Posting Komentar