HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR WARING SAYUR & WARING IKAN
Menyediakan: waring sayur, karung waring, karung jaring, waring merah, waring kuning, waring ikan, waring pagar, waring hitam, waring keramba, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Selain untuk Bahan Masakan, 7 Tanaman Rempah ini Juga Sering Dimanfaatkan untuk Pengobatan Tradisional

Temulawak

Indonesia merupakan negara yang dikenal dengan kekayaan rempah-rempahnya yang melimpah. Tak hanya digunakan untuk sedapkan masakan, beberapa jenis rempah-rempah juga dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional.

Meski belum teruji secara klinis, namun tanaman obat herbal tersebut sudah dipercaya masyarakat untuk dijadikan pengobatan karena sudah terbukti ampuh untuk mengobati beberapa masalah kesehatan. Bahkan, banyak masyarakat Indonesia yang mencoba untuk membuat obat atau jamu dengan bahan dasar tanaman obat tersebut tanpa resep dari dokter.

Baca Juga:

Di Indonesia sendiri beberapa rempah tersebut dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional dengan cara diolah menjadi jamu atau ramuan yang berkhasiat. Lantas apa saja beberapa tanaman rempah yang sering digunakan sebagai pengobatan? Berikut kami ulas beberapa jenis tanaman rempah yang sering digunakan sebagai pengobatan:

1. Temulawak
Temulawak

Bahan masakan yang bentuknya menyerupai kunyit ini dipercaya masyarakat Indonesia sebagai tanaman obat. Temulawak mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti protein, mineral, dan kurkumin. Tak hanya itu, temulawak juga mengandung beberapa zat aktif bernama antimikroba, P-toluilmetilkarbinol dan seskuiterpen d-kamper yang berfungsi untuk meningkatkan produksi dan empedu serta bersifat anti radang atau menghambat pembengkakan.

Selain itu, temulawak juga seringkali dimanfaatkan untuk mengatasi pegal-pegal, mengobati masalah perut, digunakan sebagai obat sakit kuning, serta membantu pencegahan penggumpalan.

Temulawak aman untuk digunakan dalam waktu yang singkat namun jangan gunakan temulawak dalam jangka panjang karena dapat menimbulkan efek samping seperti iritasi perut dan mual-mual.

2. Jahe
Jahe

Pada saat awal pandemi covid-19, jahe sangat banyak diminati masyarakat. Banyak dari kalian pasti sudah tau bahwa jahe seringkali dimanfaatkan untuk penghangat tubuh. Dibalik itu jahe juga punya beberapa manfaat lainnya seperti mengobati masalah pencernaan, meringankan nyeri perut saat menstruasi, meredakan sakit punggung, nyeri otot, serta bisa mengobati masalah infeksi pada saluran pernapasan dan masih banyak manfaat lainnya.

3. Kencur
Kencur

Kencur merupakan salah satu bumbu dapur yang mempunyai aroma khas. Selain untuk bahan masakan, kencur sudah dikenal lama sebagai pengobatan tradisional seperti, mengatasi sakit kepala, masuk angin, batuk dan flu, mengatasi gangguan pencernaan, mencegah batu ginjal, dan keseleo.

4. Kunyit
Kunyit

Bagi Anda yang gemar meminum jamu pasti sudah tau dengan kunyit. Kunyit diyakini masyarakat Indonesia bisa mengobati gatal-gatal, ruam kulit, masalah menstruasi, tukak lambung, hingga kanker. Namun jangan sesekali mengonsumsi kunyit secara berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping.

5. Kayu manis
Kayu manis

Kayu manis mempunyai aroma khas yang bisa mengguga selera, oleh karena itu kayu manis seringkali digunakan sebagai bahan campuran masakan dan minuman. Penelitian menyatakan bahwa kayu manis mempunyai manfaat seperti mengatasi diare, flu, hipertensi, sakit perut, bronkitis, serta menambah nafsu makan. Simpan kayu manis ditempat yang sejuk agar kualitasnya tetap terjaga.

6. Jintan hitam
Jintan hitam

Jintan hitam sudah dikenal lama untuk dijadikan obat herbal. Biasanya jintan hitam di jadikan kapsul untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Jintan hitam mempunyai kandungan seperti protein, lemak, antioksidan, natrium, kalium, kalsium, asam linoleat, asam oleat. Beberapa kandungan tersebut mempunyai manfaat untuk mengobati hipertensi, kolesterol tinggi, menjaga kadar gula darah, melawan infeksi, anti radang, serta mencegah kanker.

Cukup sekian artikel mengenai beberapa jenis tanaman rempah yang sering dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional. Semoga artikel kali ini bisa memberikan manfaat kepada banyak orang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Selain untuk Bahan Masakan, 7 Tanaman Rempah ini Juga Sering Dimanfaatkan untuk Pengobatan Tradisional"

Posting Komentar

LANGGANAN